Minggu, 28 Agustus 2011

Di Bawah Lindungan Ka'Bah

"Budget Termahal Perfilman Indonesia"

Satu lagi nih, film keren yang diangkat dari novel karya ulama, politisi dan sastrawan besar Indonesia: Alm. Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau yang dikenal dengan Buya Hamka. Film religi yang disutradarai sama Hanny Saputra dan berlatar kebudayaan Minang ini bercerita tentang Hamid (Herjunot Ali) yang dari kecil sudah ditinggal oleh ayahnya yang sudah meninggal, lalu hidup sederhana bersama sang ibu (Yenny Rahman). Hidup mereka makin membaik setelah bertemu dengan Haji Jafar (Didi Petet) bersama isteri (Widyawati) dan Zainab (Laudya Cynthia Bella). Beliau menyekolahkan Hamid sampai lulus dan dapat beasiswa kuliah. Sebagai balas budinya, Ibunda Hamid pun bekerja di keluarga itu.

Masalah mulai timbul saat Hamid dan Zainab mulai merasa saling jatuh cinta. Mereka tahu kalau cinta mereka nggak mungkin bisa bersatu karena perbedaan status ekonomi itu. Ibu Hamid langsung menyuruh anaknya untuk berhenti mencintai Zainab dan Zainab sendiri akhirnya dijodohin sama anak dari kerabat Haji Jafar. Akhirnya, mereka hanya bisa menyerahkan semuanya pada Allah, terutama Hamid yang mengadukan semua masalahnya langsung di depan Ka’Bah saat pergi ke Tanah Suci.

Pada screening film dan press conference 16 Agustus lalu, Manoj Punjabi selaku pruser MD Pictures yang memproduksi Di Bawah Lindungan Ka’Bah (DBLK), buka-bukaan bilang kalau ini adalah budget termahal sepanjang sejarah perfilman Indonesia, yaitu 25 miliar! “Saya memang berani mengeluarkan uang sebesar ini karena saya nggak lagi sekedar mencari keuntungan tapi juga sadar kalau ini adalah film besar dan novel karya orang besar. Jadi sepantasnya kalau dapat perhatian besar.”

Besarnya modal ini di antaranya terdiri dari semua wardrobe yang dibuat sendiri karena latar belakang film di era 1920-an. Belum lagi properti yang dibangun sendiri, seperti surau dan kincir angin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar