Senin, 12 Maret 2012

Makanan Pengusir Lelah

Cara terbaik untuk memulihkan tenaga yang terbuang adalah dengan cara memakan–makanan yang membantu mengusir  rasa lelah tersebut. 

Berikut ini mari kita kupas manfaat makanan yang bermanfaat untuk mengusir rasa lelah tubuh : 
Gandum
Gandum memang mengandung karbohidrat yang banyak serta sangat bermanfaat untuk tubuh. Mungkin bagi anda yang tengah  berdiet, mendengar kata gandum ini cukup membuat anda histeris, pasalnya gandum memiliki karbohidrat yang cukup banyak. Walau bagaimanpun karbohidrat sangat bermanfaat untuk tubuh anda. Untuk mensiasatinya anda juga bisa mengkonsumsi biskuit gandum, ketimbang menggkonsumsi tepung gandum.
Yoghurt

Minuman susu fermentasi ini juga sangat baik untuk tubuh, terutama bagia anda yang ingin diet. Namun selain disamping untuk diet ternyata makanan ini juga sangat berfungsi menyingkirkan rasa lelah. Dari hasil penelitian yang didapat mengkonsumsi yoghurt 194 gr 2 kali dalam sehari selama satu bulan akan membuat tubuh anda tidak mudal lelah.
Semangka
Jika anda merasakan cuaca udara siang yang sangat panas mungkin anda juga bisa memanfaatkan mengkonsumsi buah yangs satu ini. Rasa lelah yng ditimbulkan pada tubuh mungkin bisa disebabkan karena kekurangan  cairan dan dehidrasi pada tubuh. Jika anda mengkonsumsi semangka mungkin bis jadi alternatif buah yang mampu mencegah dehidrasi.
Kacang walnut
Kacang walnut memiliki  lemak jenuh omega 3. Beberapa penelitian di Amerika menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi kacang walnut ini mampu mengusir rasa lelah, den mengkonsumsi 28 gr walnut perharinya dapat mengurangi gejala depresi. 
Coklat
Manfaat coklat memang banyak sekali, disamping sebagia makanan yang dipercaya sebagai penenang. Cokelat juga mampu  mengusir rasa stres yang berkepanjangan. Coklat juga mampu mengusir rasa lelah , mendongkrak pertambahan hormon serotonin dalam otak. Serotonin ini juga menyalurkan fungsi bahagia dalam tubuh anda. 

Kuaci dari Biji Labu  
Biji labu mengandung magnesium yang dapat berfungsi untuk melawan kelelahan. Jika ketika melakukan latihan fisik selama 30 menit sudah dapat membuat kita merasa kepayahan, mungkin kekurangan magnesium.
Magnesium diperlukan untuk pengambilan oksigen lebih selama aktivitas fisik. Maka orang yang kekurangan magnesium akan lebih mudah merasa lelah.

Teh 
 Teh mengandung kafein dan l-theanine, yang dapat membantu mengurangi kelelahan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Biological Psychology, ketika dipasangkan dengan kafein, asam amino yang ditemukan secara alami dalam teh meningkatkan kognisi lebih efektif daripada kafein sendiri.
Ketika peserta penelitian mengonsumsi kombinasi kafein 150 mg dan l-theanine 250 mg, mereka melaporkan berbagai manfaat kognitif, termasuk peningkatan kewaspadaan, memori, dan reaksi, serta penurunan kelelahan mental.

Paprika Merah  
Paprika merah mengandung vitamin C, sehingga dapat membantu melawan kelelahan. Vitamin C mengandung antioksidan yang juga membantu mengurangi stres oksidatif, akibat radikal bebas yang terlalu banyak dalam tubuh. Radikal bebas yang terlalu banyak juga berkontribusi menyebabkan CFS.
Dalam sebuah penelitian kecil dari 44 orang dewasa yang diterbitkan dalam Journal of Medicine Orthomolecular meneliti orang yang mengonsumsi vitamin C sehari-hari. Mereka yang menerima 6 g vitamin C setiap hari selama 2 minggu akan lebih tahan terhadap lelah.
Peserta penelitian juga memiliki tingkat lebih rendah dari hormon stres kortisol. Untuk mendapatkan vitamin C, dapat dengan menikmati 1 cangkir irisan paprika merah yang dapat memberikan 29 kalori.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar